Alumni

Beginilah Cara Perbanas Institute Siapkan Lulusan Menghadapi MEA 2015

December 15th, 2014

Dalam rangka mencetak lulusan yang kompetitif dan berwawasan global, menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015, dan integrasi sector keuangan dan perbankan tahun 2020, Perbanas Institute menyiapkan mahasiswanya dengan cara yang berbeda.

Perbanas telah menerapkan secara penuh kurikulum baru yang berbasis kompetensi sejak tahun akademik 2012/2013. Kurikulum ini menerapkan kurikulum yang inovatif  yang dirancang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan standar Kompetisi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) di bidang keuangan, perbankan, dan informatika.

Rektor Perbanas Institute Prof. Dr. Ir. H. Marsudi Wahyu Kisworo mengatakan kurikulum yang inovatif dirancang dengan referensi perkembangan ilmu dan pengetahuan di bidang keuangan, perbankan, dan informatika, penyesuaian dengan kurikulum global, serta masukan-masukan dari para anggota Perbanas.

“Dengan kurikulum baru ini diharapkan daya saing alumni Institut Perbanas dapat meningkat dan siap menghadapi tantangan- tantangan masa depan, dan dalam konteks Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 dan integrasi di bidang perbankan pada 2020 hal ini sangat relevan,” katanya di Jakarta.

Menurutnya, dalam bidang ekonomi, Indonesia sebagai bagian komunitas Asean juga dituntut untuk siap menghadapi integrasi ekonomi dalam MEA. Salah satu yang manjadi isu strategis adalah kesiapan sumber daya insani yang berkualitas, kompeten dan kompetitif.

“Setiap lulusan disiapkan untuk menjadi pemimpin yang memiliki nilai-nilai dasar (core values) Institute Perbanas yaitu ETHICS, Edurance, Trust, Humanity, Integrity, Competence, dan Sense of Belonging,” kata Marsudi.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Perbanas Institute, Wiwiek Prihandini menambahkan, selain bidang akademi, pembinaan bidang kemahasiswaan juga menjadi fokus perhatian utama. Minat, bakat dan potensi mahasiswa baik dalam bidang akademik, seni dan olahraga mahasiswa ditampung dalam berbagai unit kegiatan mahasiswa.

“Secara aktif kami mendorong dan memfasilitai mahasiswa untuk mengikuti berbagai kegiatan kompetisi dalam bidang seni, budaya, penalaran, dan olahraga baik dalam level regional, nasional maupun international,” kata Wiwiek.

Sumber: Jurnas.com

Untuk informasi mengenai Alumni dapat menghubungi:
Alumni Services
Perbanas Institute Jakarta
E-mail : alumni [at] perbanas [dot] id
Telp. (+6221) 52 52 53 3 - Ext. 5105 Fax (+6221) 522 8460
Login